12 Juli 2008

Catatan Perjalanan
Jakarta –Bandung – Ciwidey

Musim liburan, jangan nekad

Gara-gara iseng ngeliat orang pade liburan, kite juga jadi pengen nihh jalan – jalan alias plesiran ke kota Bandung dan sekitarnya. Denger nyang namanye Bandung waktu jaman Belanda dulu disebutin orang “ Paris van Java “. Apa betul ? mungkin dulu kali beneer ... tapi nyang sekarang, bujud buneng ...tuhh mobil bererot kaya kutu mo kondangan kalo udah ari libur. Apelagi kalo kaya tanggal 5 Juli kemaren, wehh ... udeh kagak bisa di apa-apain, jalanan macet, hotel pade penuh, apalagi nyari tempat parkir ... Gile bener cing’ pegel badan di jalanan – juga pegel ati lagi, streesss banget ... Mo tau ga ceritanye ...

Begini beritanye...

Tujuan I : Ciater
Jam 06.04, Berangkat dari Joglo naik Kijang Innova X ngelewatin TVRI Senayan, terus ke arah Semanggi masuk Tol di depan Komdak bayar Rp. 5.500,- . Kenapa musti berangkat pagi, karena kita pikir kalau pagi-pagi banget jalanan kaga’ macet. Eh tau-taunya lumayan macet juga di kilometer 24 gara-gara ada truk nungsep ke tengah portal pembatas jalan. Nah... nyang bikin kesel, orang yang pada ngelewatin jalannya dipelanin, palanye ditengokin, ngebantuin kaga’ bikin macet ia’. Hampir setengah jam jalan medat-medut gitu.

Ngelewatin Tol Cipularang, Wow ema’ keren banget romannya, pemandangannya ijo-ijo banget, ngeliat sawah di kiri jalan, ngeliat langit aja warnanya udah beda ama di kita. Jalannya turun naek, weyy... cihuy abis. Keren banget dahh, syukurlah ari gini masih diberi kenikmatan ngeliatin berkat ALLAH untuk kite. Thanks God

Jam 08.20, Nyampe di pintu tol Padalarang Barat, disini kagak bayar, cuman tukar tiket doang.

Jam 08.30, tadinya kita mo ngelewatin Pasteur terus ke arah Setia Budi – Ledeng – Lembang – Ciater. Tapi waktu denger radio di mobil, katanye Pasteur udah macet total, kita jadi bingung. Untung ada tulisan “ Jalan alternatif ke Lembang lewat BAROS “ langsung cikar kanan keluar pintu Tol Baros, ongkosnya Rp. 36.500,-.

Ngelewatin Baros ini kali pertama jadi kita lumayan bingung, untungnya banyak nanya dan petunjuk jalannya lumayan ngebantu. Lewat terminal Pasar Baru – Cimahi Mall – terus arah Sekolah Kepolisian Cisarua – Rumah Sakit Jiwa Cimahi – Wana wisata Cimanggu Indah – Universitas Adven Indonesia – lewat Jl Kolonel. Masturi Lembang – Jam 09.23 kita udah keluar ke jalan raya Lembang di dekat hotel San Gria, nyang depannya ada pabrik susu. Lumayan cepat ketimbang kena macet di Pasteur, mendingan lewat jalan alternatif ini. Dari Jl. Raya Lembang – Jl Tangkuban Perahu, ngelewatin Holel Panorama – Putri Gunung Resort, bagus banget pemandangannya, udaranya udah seger, kiri kanan jalan ada pohon-pohon besar dekat bumi perkemahan menuju ke Tangkuban Perahu, juga kebon tehnya nggak kalah keren sama yang di Puncak.

Jam 10.00, Kita udah nyampe di Sari Ater, ongkos masuknya perorang Rp. 14.000,- mobil Rp. 11.000,- parkir mobil di parkir timur.

Suasana di Ciater

Saat itu pengunjung banyak banget, nggak tau dari kelurahan mana tuhh, pokoknya orang bejibun, banyak banget. Begitu masuk kita di sambut sama orgen tunggal yang maen lagu dangdut “terajana”. Penyanyinya bahenol pake baju merah menyala – goyangnya aje gile, sambil nyanyi dia neriakin penonton “ayo bang, di goyang bang”. Wahh seru banget nihh. Saking goyangnya bikin kita penasaran, kita nggak ngeliat ada orang di depan kita lagi nonton juga. Ceptottt, taunya kaki kita nginjek rantang makanan dia, aduh kagak enak banget ... tuhh telor dicabein pade lari kemane tau, sampe ada nyang ngegelinding masuk ke kolam orang mandi. Makin panik kita, “ Maaf Tante ga sengaja “ kata kite. Ehh dia nyaut : Wey pagi-pagi udah buta luh’ liat dong kalo jalan. “Maaf Tan, maaf Bu ... “ kata kita makin grogi. Ehh lagi gitu, tau-taunya ada anak kecil dari kolam bawain dua telor yang kecemplung ke kolam. “ Bu, ni telor semurnya,” kata si bocah. “ So tau luh, telor disemurin apaan ?” Maaf ya Tante,” kata kita nihh. Kita pengen jitak aja tuhh anak, lagaknya kayak ngerti telor semur aja. Padahal udah jelas-jelas telor dicabein udah kena air kolam yahh jadi telor goreng bulet kan? Sambil ngomong tadi kita ngeliat lauknya ibu tadi tinggal krupuk doang... Oh Tante Ibu maapin kita ye? Jangan salahkan kita ya. Kan udah minta maap.

Kita ngelewatin kolam renang yang tiketnya Rp. 20.000,- perorang, jalan di jalan yang sengaja dibuat pengelola untuk pengunjung. Kita kaget karena disepanjang jalan banyak tikar di gelar tapi kok kagak ada orangnya. Ohh, rupanya tikar itu disewain, harganya macam-macam, ada yang Rp. 50.000,- sampai Rp. 200.000 an, wehh mahal juga nihh, aji mumpung ... mumpung musim liburan.

Toiletnya Rp. 1000,- sekali masuk. Tapi lucunya waktu kita lagi pissen (buang air kecil) ada ibu-ibu di ruangan sebelah yang teriak. “Panas, panas, panas ... (kayak lagunya GIGI) sambil kedengaran gayung jatuh. He,he,he ... eh taunya waktu mo bayar toilet kita ngeliat ternyata ibu yang marahin kita karena nginjek rantang telornya itu, yang kepanasan tadi di dalem... Ihhh, syukurrrr, seruuu, lucuuuu. Namanya juga Ciater, tempat pemandian air panas. Yahh air mandi, air minum, semua aer disini panas, termasuk di toilet. He,he,he ... Panas,panas, panas ...

Begitu dapat lapak (sewaan tempat + tikar) ukuran 3 tikar disambung ( Rp. 50.000,-) , kita langsung ganti baju dan mandi di air terjun, ada 2 air terjun. Yang diatas lumayan bersih, yang dibawah lumayan ...(tau kan?) ada kolam yang agak besar, nggak dalam cuman sekitar 30-50 cm, jadi anak-anak juga bisa main-main di situ. Di sepanjang aliran air banyak orang yang sengaja berendem kaki ngilangin pegal-pegal, panu, kurap, kudis dan gatal-gatal lainnya. He,he,he ...

Kagetnya, ada pengamen juga di dalam tempat wisata ini, Surprise lagi, dia nyanyiin lagunya GIGI : panas, panas, panas ... hebat bener nihh pengamen, tau banget suasana hati kita.

Ada jungkat-jungkit, ada sepeda air yang cuman Rp. 5.000,- sekali naik, ada ice-cream yang lumayan mahal, dan juga pizza yang menggoda selera dan segala macam makanan sampai pecel lele.

Jam 13:42, keluar dari lokasi Ciater menuju ke Bandung. Rencananya kita mo mau nginep di Bandung.

Menuju Bandung

Lepas dari Lembang, nggak terlalu lama, kena macet di depan hotel Gumarang, macet banget sampai depan Ledeng baru bisa tarik napas. Macet lagi disekitaran Cihampelas. Keluar masuk hotel di Bandung, mulai dari hotel Santika, Novotel, Royal, Mitra, Millenia, Savoy Homan, Mutiara, Cipaku Indah, sampai hotel kecil seperti Hotel Serena di depan stasiun juga penuh. Keder banget, hotel besar dan kecil FULL. Akhirnya kita sepakat untuk makan yang panas-panas di Ganesha Resti & Cafe di Jl. Cimanuk 5A. Mie Bakso komplit Rp. 12.000,-. Mie Yamin Rp. 12.000,- sampai kedengeran adzan magrib. Waktu ngobrol sambil makan kecetus ide, gimana kalau nginap di Ciwidey.

Setelah ngecek hotel di Ciwidey penuh, akhirnya ada teman yang punya ide gimana kalau cari villa aja di sana. Karena nggak tau Ciwidey kayak apa, kita setuju-setuju aja.

Menuju Ciwidey

Jam 17.51, Berangkat dari Jl Cimanuk menuju Ciwidey. Kena macet hampir 30 menit di Jln BKR Lingkar Selatan, rupanya Bandung kalo udeh musim liburan kagak ada enek-enaknya. Macet cing!
Jam 18.50, Baru aja lepas dari kemacetan, ehh tau-taunya ban gembos pas di Jalan Mohamad Toha. Yach terpaksa bongkar pasang ban dulu sekalian bongkar muat penumpangnya, ada yang beli cemilan, ada yang nyari toilet, ribet kan ?
Jam 19.28, Ban udah beres ditambel tubles, langsung ngelanjutin perjalanan menuju Ciwidey. Baru 10 menit jalan, perasaan kita kayak dibanting-banting padahal jalanan nggak terlalu belobang, akhirnya kita mampir ke tambal ban lainnya untuk ngecek angin di ban yang baru di tambal tadi. Bujud buseng... tuhh angin ukurannya ampe 50, tinggi banget – aturannya kan 35 cukup. Wahh kalo deket aja, udah kita omelin tukang tambel nyang tadi.
Jam 20.14, Kita masuk ke jalan Soreang, perasaan jauh juga nihh, kapan nyampenya nihh. ‘ampeg banget dehh.
Jam 20.27, Masuk Jl. Banjaran. Kita udah seneng banget kata om yang bawa mobil udah deket, tapi kok perasaan dari tadi deket aje katanya. Kita iseng nanyain ; “emang pernah ke ciwidey sebelumnya,” jawab die “pernah sihh tahun 1978 tapinya.” Aje gile ... “ tahun 78” busyet... ente lagi buat jalan anyer penarukan terus mampir ke ciwidey maksudnya... lebay lu ahhh...
Jam 21.18, Syukur dehh, kita udah masuk jl. Raya Ciwidey, udaranya dingin.Sebelum masuk Jl.raya ciwidey kita ngelewatin jalanan yang lebar banget, panjang lagi, anehnya kagak ada lampunye. Nahh disitu kita ngeliat, banyak anak-anak mude pade nongkrong, pacaran dipinggir jalan. Kita pan naek mobil jadi kesenter dah tuh tampang roman picisan pade gelayutan dipinggir jalan, udah kaya si Amang nyang di Ragunan aja. Dalam ati kita nihh, uhh kalo di Jakarta luh, gue sempor ama air comberan luh... bukan apa-apa kita jadi sewot nihh ... hi,hi,hi ...
Setelah itu kita jalan menuju ke kawah putih, terus sampai ke penginapan milik PTP, al hasil rumah warga yang biasa disewain juga PENUH. Kita maksain sampai ke pintu penjagaan Situ Patenggang, SEMUA PENUH. Nggak ada satu penginapan pun. Tapi Satpam itu bilang : Pa, coba aja... di bawah ada Pilla Stoberi punyanya Koramil nyang baru diresmiin tiga bulan lalu, coba aja bapak ke sana aja. Barangkali masih ada yang kosong.
Akhirnya setelah melewati kebun teh ditengah kegelapan nyang bikin bulu kuduk bediri, kita sampe ke Villa Strawberry. Baru mo belok, Satpamnya udeh nyamperin,” Penginapan PUL BOK pa”. Ohh, udah penuh maksudnya. “Ngga apa-apa mang, numpang parkir dulu,” kata kita. Waktu itu udah nunjukin jam 22.45, Akhirnya kita sepakat, buka rantang ; makan malam dimobil, ditengah dinginnya malem. Udah kenyang, kita pade berunding... akhirnya diambil keputusan, pulang ke Jakarta malam ini juga !

Pulang ke Jakarta

Jam 13.15, Mobil menuju ke Jakarta, dengan rasa kecewa tentunye. Kali ini baru nyadar kita, kalo tadi kita jalannya muter-muter, harusnya kalau mau ke Ciwidey lewat tol KOPO lebih deket, dan ngga melenceng ampe Soreang and Banjaran. Uhhhh ... gemes...
Jam 02.38, tanggal 6 Juli 2008. Tiba di Jakarta setelah turun dari Ciwidey, masuk Tol KOPO – Cipularang dan tiba di Joglo.
Makasih Tuhan, akhirnya selamat juga kita di Jakarta. Saat itu Jakarta kosong kaga macet...
Abis selonjoran bentar, minum aer anget, cuci muka, ganti baju andddddddd
Jam 03.15, hssssssstttttt.hssssssssssssttttttttt ... hhhhhssssssssstttttttttttttttt.

Lain kali kalo ke Bandung, buking hotelnya dari jauh-jauh hari ya ? Salam untuk Bang Jauhari di gardu depan, selamat berjuang. Merdeka ...